Foursquare, layanan jejaring sosial berbasis lokasi yang sedang naik  daun ini rupanya memang mengena di hati pengguna internet di Indonesia.  Jika dibandingkan dengan layanan serupa seperti Gowalla, Brightkite dan  bahkan Koprol, foursquare memang cenderung mampu mengikat para  penggunanya untuk terus menggunakan layanan mereka. Faktor utama yang  membuat Foursquare unggul adalah fitur Badge, dimana penggunanya harus  menaklukkan tantangan tertentu untuk mendapatkan reward berupa badge.
Sejak setahun belakangan ini, nama Indonesia melejit di kalangan  pengguna Foursquare karena keaktifannya dalam mengumpulkan badge  foursquare. Misalnya beberapa bulan lalu dimana ada lebih dari 250  pengguna foursquare melakukan checkin di satu tempat guna mendapatkan  "Super Swarm" badge. Tentu saja yang benar-benar berada di tempat  tersebut hanya beberapa saja, sisanya hanya melakukan false-checkin dari  tempat yang berbeda.
Fenomena ini memang cukup menarik untuk diamati, terutama ketika  beberapa bulan belakangan ini para "pemburu badge" agak berkurang  aktivitasnya. Hal ini mungkin disebabkan karena mereka sudah hampir  memiliki semua badge yang disediakanb oleh Foursquare, jadi mereka lebih  menunggu tantangan berikutnya dari Foursquare. Dan ketika beberapa hari  lalu Foursquare merilis beberapa badge baru yang berkaitan dengan event  Haloween, maka para pemburu badge kembali aktif untuk merebut badge  yang baru dirilis oleh Foursquare.
Pemburu badge memang tidak hanya ada di Indonesia, di luar negeri  pun cukup banyak orang-orang yang melakukan fake checkin demi  mendapatkan badge namun tetap belum ada yang mengalahkan pemburu badge  dari Indonesia. Bahkan, di sebuah website yang membahas badge Foursquare  - aboutfoursquare.com, komunitas pemburu badge internasional justru  menganggap pemburu badge di Indonesia sebagai perintis ditemukannya  badge-badge baru dan cara untuk mendapatkannya.
"New badge? Let the Indonesians figure it out," komentar seseorang di website aboutfoursquare.com.
Nah, sekarang tentu bagaimana para brand dan startups bisa  memanfaatkan keingintahuan dan perilaku berinternet di Indonesia?  Melihat perilaku mereka demi mendapatkan badge foursquare, sudah pasti  Indonesia sangat mudah dirangsang dengan imbalan yang tepat.
 
